Ini adalah salah satu profesi yg pernah aku jalani atau bahkan sedang aku jalan dari bulan desember 2016 sampai Maret. Letaknya di gl sebelum tugu. Aku bekerja di kedai makan di tepi jalan bernama "Gerai Tige Saudare"
Tempatnya terbuka tanpa ada atap. Jadi kalo lagi musim hujan jadi kerepotan, dan konsumen pun tidak bisa singgah.
Salah satu kerjaan yang aku benci dan enggan adalah pelayan kedai makan. Aku sangat gengsi dan malu melakukan kerja ini di kampungku sendiri. Tapi apalah dayaku yg sedang butuh uang ini. Aku pun akhirnya mencicipi kerjaan ini.
Awalnya aku hanya ingin menambah penghasilan karena gaji dari kerja pagi ku kurang. Jadi aku pun mencari kerja tambahan pada malam hari. Di sini. Iya disini. Di Gerai Tige Saudare milik kak Rini dan suaminya Bang Amir. Mereka orang Melayu, jadi tidak perlu di jelaskan lagi sifatnya. Tentulah kamu tahu bagaimana orang Melayu itu. Bagaimana bekerja dengan orang melayu.
Ok deh lanjut ya....
Sebagai pelayan aku bertemu dengan banyak konsumen setiap harinya untuk memesan makan serta minum disini. Konsumennya pun memiliki sifat yg berbeda-beda.
Berikut konsumen-konsumen Gerai Tige Saudare::
~~>Baik, Cantik, dan ramah
Ya ada konsumen seperti ini yg aku temui, sudahlah cantik, baik, ramah pula. Walau terkadang aku lupa atau salah tapi dia tetap tersenyum tanpa sedikitpun marah. Tetap sabar. Dan ketika baru datang slalu menyambutku. "Hai kakak!!" Sambil tersenyum lebar
~~>Tua, jelek, kagak sabaran, cerewet
Ya ada konsumen seperti ini yang sudahlah jelek, mau cepet-cepet aja, salah sikit langsung marah dengan nada tinggi. Kagak tau ya aku ini malu dimarah dan lihat orang-orang lain. Aku tetap sabar. Kalo kagak sabar, mungkin saja aku telah balik memarahi konsumen tersebut.
~~>Sedang ngambek sama pasangannnya
Ya aku temui konsumen seperti ini yang mungkin saja sedang ngambek sama cowonya mungkin. Jadi di tanya-tanya mau apa cuma geleng-geleng trus. Lahhh... cowonya enak makan minum. Dianya diem doang makan hati.
~~>Sok yes, menganggap aku rendah
Ya ini pernah aku temui... mentang-mentang dia adalah konsumen jadi harus di perlakukann bak raja. Dan seenak-enaknya nyuruh. Dia mau duduk pun aku yg harus ambil padahal dia laki-laki. Trus bilanng kayak gini "Ambillah mbak kursinya! Gimana sih kan aku disini pembeli!" Hello?????? Lho pikir mentang lho pembeli gitu aku harus nurut semua yg kata lho itu. Ha???? Pelayan pun manusia woy, butuh dihargai!!!
~~>Cowo-cowo kebanyakan nanya
Ini nih konsumen yg paling banyak aku temui. Banyak kali tanya nya. Nama siapa? Tinggal mana? Udah nikah belum? Dan blablabla....
Ntah la hanya Tuhan yang tau. Situ pembeli apa ngajak kenalan sih?? Iya kalo lagi sepi aku jawab aja. Kadang udah lah lagi rame, lagi repot, mau cepat-cepat, ditanyai makan apa malah ngajak kenalan. Situ mau saya ajak berantem???
~~>konsumen kerajinan
Ini nih yang aku suka, terkadang aku suka lupa letakkin telur di mie atau nasinya, lupa saos, cabe atau timun. Tapi si konsumen cuma bilang tak apa-apa sambil tersenyum. Namanya juga manusia aku kan kadang lupa. Tapi untunglah konsumennya sabar aja. Kadang dia datang sendiri minta tanpa aku harus kesana. Kadang mejanya tak sempat aku bersihkan. Jadi ternyata dia yg lap sendiri. Bilang kagak mau merepotkan. Oh bahagianya.
~~>konsumen humoris
Kadang disela kepenatan ada konsumen yg humorin ngajakin becanda. Ini buat yg tadinya capek jadi hilang capeknya. Ahahhahhahha... Terimakasih konsumen humoris
~~>Konsumen pemalas nauzubillah
Ini nih sering aku temui. Konsumen yang duduk jauh banget dan di tempat gelap. Kadang kan aku kagak sadar kalo ada orang, kadang juga aku sibuk melayan sendiri. Setelah aku ke tempat konsumen tersebut dia marah-marah. "Kak,, kayak mana ni?? Kami dah setengah jam duduk sini. Kirekan tak melayan! Dah mau pulang aja ni!!"
Situ yang kagak manggil, lagian kalo mau cepat ya duduk dong di depan, di tempat terang. Ini malah jauh dan gelap. Sekarang marah marah, aku mah diam aja, males. Ntah kalo aku udah marah berabe urusannya.konsumen yang pemalas ini pun banyak mintanya. Cerewet. Kagak boleh kurang. Minta ini itu harus. Aduh kalo di jelasin Hanya Tuhan lah yang tau ya. Ampyun deh.
~~>konsumen penggoda
Ada ya konsumen yang kagak inget umur udah bau kubur punya anak cucu pun masih saja menggoda ku. Sekali dua kali aku diamkan saja. Tapi kalo udah kagak tahan langsung deh aku marah marah sama ni orang. Dasar tua tua keladi.
~~> konsumen lelet
Ya ini juga banyak nih konsumen kayak gini. Lama kali mesannya. Mikirnya. Padahal kadang cuma mesen air doang. Dia kagak ngerasain kali ya berdiri lama-lama.hmmm
Sebenarnya masih banyak lagi watak-watak konsumen yang WOW!!
Bekerja 3 bulan aja rasanya aku sudah sangat bosan, lelah hati pikiran dan badan. Saat sedang bekerja pennnggggeeeeeeennn kali pulang aja langsung tidur. Tapi apalah dayaku ini yang orang tak punya. Yang harus bekerja. Dan cukup 3 bulan saja, akhirnya aku resign.
Inilah sedikit dari pengalaman aku saat bekerja. Terimakasih buat yang udah mau baca tulisan nggak berguna ini. Gue Miera Latte cabut, BYE
Kamis, 14 Desember 2017
Waitress "Gerai Tiga Saudare"
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar